10 Jenis Pijat dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

jenis pijat

Pijat tidak hanya menjadi solusi relaksasi bagi otot tubuh yang tegang, tetapi juga merupakan bentuk terapi yang beragam dengan manfaat kesehatan yang unik. 

Setiap jenis pijat memiliki pendekatan dan teknik yang berbeda, serta menyasar pada berbagai aspek kesehatan fisik dan mental. Mari kita menjelajahi lebih lanjut berbagai jenis pijat dan manfaatnya yang dapat Anda nikmati.

Jenis Jenis Pijat

Berikut adalah beberapa jenis pijat yang umumnya terkenal di dalam dunia kesehatan:

1. Pijat Swedia

Pijat Swedia menawarkan lima teknik dasar yang mencakup menggosok (effleurage), memijat (petrissage), menggetarkan (vibration), menggerus (friction), dan memukul (tapotement). 

Tujuan utamanya adalah untuk mengendurkan otot dan mempercepat pemulihan cedera. Selain itu, pijat ini dapat meningkatkan aliran darah, fungsi sistem saraf, produksi hormon endorfin, dan memperbaiki kinerja pembuluh vena pada jantung.

2. Pijat Aromaterapi

Pijat aromaterapi  adalah jenis pijat yang menggunakan minyak beraroma atau minyak esensial untuk mencapai tingkat relaksasi yang lebih dalam. 

Berbagai minyak, seperti kamomil, lavender, geranium, kayu cendana, kayu putih, peppermint, lemon, dan melati, memberikan manfaat unik seperti meningkatkan relaksasi, klarifikasi pikiran, peningkatan mood, dan energi.

3. Pijat Batu Panas

Dirancang khusus untuk mengatasi nyeri otot, pijat batu panas bertujuan meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan otot. Dengan penggunaan batu panas, sesi pijat ini juga dapat membantu perbaikan kualitas tidur, pengurangan stress, dan meredakan gejala penyakit autoimun.

4. Pijat Jaringan Dalam

Pijat jaringan dalam menyasar lapisan otot, tendon, dan jaringan di bawah kulit. Teknik mendalam dan perlahan membantu meredakan ketegangan otot, mempercepat proses pemulihan cedera, meningkatkan kelenturan tubuh, dan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen.

5. Pijat Shiatsu

Pijat shiatsu menggunakan jari, telapak tangan, dan siku untuk menstimulasi titik-titik akupresur, mengembalikan keseimbangan energi tubuh. 

Manfaatnya mencakup pengurangan stres, bantuan mengatasi insomnia, perbaikan sistem saraf, pengurangan ketegangan dan nyeri sendi, serta meredakan sakit kepala, sindrom pre menstruasi (PMS), dan kelelahan.

6. Pijat Thai

Thai massage menggabungkan elemen pijat dengan gerakan yoga. Melibatkan berbagai posisi tubuh dan gerakan, pijat ini memberikan manfaat seperti pengurangan gejala migrain, peningkatan keseimbangan energi tubuh, pengurangan stress, peningkatan kelenturan tubuh, dan pengurangan kekakuan otot.

7. Pijat Prenatal

Didesain khusus untuk wanita hamil, pijat prenatal membantu meredakan ketegangan otot, menjaga perubahan hormon, mengurangi pembengkakan, mengatasi nyeri saraf, mengurangi stres. Selain itu, jenis pijat ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Tetapi, perlu izin dokter sebelum menjalani terapi ini.

8. Pijat Olahraga

Selain mengatasi cedera otot, pijat olahraga memberikan manfaat seperti meregangkan otot, merangsang otot yang tidak aktif, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko cedera, mengurangi stres, dan mempercepat pemulihan cedera. Teknik fisioterapi dan osteopati juga dapat digunakan dalam sesi pijat ini.

9. Pijat Akupresur

Pijat akupresur memberikan tekanan pada titik akupresur tertentu, membantu mengembalikan keseimbangan energi tubuh. Manfaatnya termasuk meringankan efek samping kemoterapi, meningkatkan kualitas tidur, meredakan masalah pencernaan, dan mengatasi nyeri serta otot tegang.

10. Pijat Refleksi

Fokus pada kaki dan tangan, pijat refleksi dapat mengatasi otot tegang dan bahkan diklaim dapat mendeteksi masalah kesehatan melalui titik-titik yang terhubung dengan jutaan saraf tubuh. Meskipun beberapa orang mungkin merasa geli, metode ini dianggap efektif untuk merangsang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan menggali lebih dalam tentang berbagai jenis pijat dan manfaatnya, Anda dapat memilih jenis pijat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kesehatan Anda. 

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan terapis profesional kesehatan sebelum menjalani terapi pijat tertentu, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang dalam kondisi kehamilan.

Pesan Layanan Pijat Panggilan

Jika Anda tertarik untuk menikmati salah satu layanan pijat di atas, Neala Massage dapat menjadi solusi untuk kebutuhan Anda tersebut. Neala Massage adalah layanan pijat panggilan profesional yang menyediakan berbagai jenis pijat yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Semua paket terapi pijat yang kami tawarkan di handle langsung oleh para terapis profesional. Sehingga, kualitas terapi pijat yang Anda dapatkan terjamin. Untuk pemesanan layanan pijat di Neala Massage, Anda dapat langsung menghubungi CS kami di nomor 081331541088 

FAQs

Apa itu massage traditional?

Massage traditional, atau pijat tradisional, adalah suatu bentuk perawatan fisik yang melibatkan manipulasi jaringan lunak di tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Teknik ini biasanya mencakup sentuhan, gesekan, dan tekanan pada otot dan jaringan lainnya.

Apa itu pijatan tapping?

Pijatan tapping adalah teknik pijat yang melibatkan ketukan ringan atau berirama pada tubuh dengan menggunakan ujung jari, tangan terbuka, atau alat khusus. Tujuannya adalah untuk merangsang sirkulasi darah, merelaksasi otot, dan mengurangi ketegangan.

Apa yang dimaksud Tapotement?

Tapotement adalah istilah dalam dunia pijat yang mengacu pada serangkaian gerakan yang melibatkan ketukan atau pukulan ritmis pada tubuh menggunakan tangan terbuka, tepukan, atau alat khusus. 

Teknik ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, merangsang otot, dan memberikan sensasi penyegaran pada tubuh. Tapotement sering digunakan sebagai bagian dari pijat atau terapi fisik untuk merelaksasi otot dan merangsang energi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Admin Kami

Exit mobile version