titik pijat refleksi kaki untuk sesak napas

Titik Pijat Refleksi Kaki Untuk Sesak Napas + Cara Pijatnya

Sesak napas alias dyspnea memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari saat menyerang. Beruntung, Anda dapat melakukan pijatan untuk meredakan sesak napas di titik-titik tubuh tertentu. Hal ini karena sesak napas yang tidak dapat ditangani dengan baik dapat menyebabkan komplikasi, seperti hipoksia atau hipoksemia. 

Hipoksia dapat menurunkan kadar oksigen hingga membuat penderitanya pingsan. Karena itu, Anda dapat langsung mengatasi sesak napas tanpa obat dengan melakukan pijat refleksi di di beberapa titik kaki.

Pada artikel kali ini, kami akan sedikit membahas mengenai beberapa titik pijat refleksi kaki untuk sesak napas tersebut untuk anda. Langsung saja simak ulasan yang telah kami rangkum di bawah ini.

Table of Contents

Apa Penyebab Sesak Napas?

penyakit sesak nafas
Sumber gambar: pexels.com/zydeaosika

Sebelum mengetahui titik pijat refleksi kaki untuk sesak napas, ketahui dulu penyebab dan gejalanya. Dengan begitu, pengobatan dini dapat dilakukan untuk menghindari komplikasi. Ada beberapa penyebab sesak napas dilihat dari durasinya. 

Untuk jangka pendek, sesak napas terjadi karena tersedak, pilek, alergi, atau gangguan kecemasan. Seseorang juga dapat mengalami pneumotoraks yang menyebabkan sesak napas. Kondisi ini terjadi ketika udara mengalir di antara dinding dada dan paru-paru. 

Emboli paru pada arteri pulmonalis di paru-paru juga merupakan salah satu faktor penyebab sesak napas secara tiba-tiba. Faktor lainnya adalah tamponade jantung, yaitu cairan yang mengisi perikardium dan otot jantung. 

Sementara itu, penyebab sesak napas yang berlangsung dalam jangka panjang adalah sebagai berikut:

  • Masalah pada paru-paru akibat TBC, kanker paru-paru, sarkoidosis, hingga hipertensi pulmonal.
  • Asam yang menyebabkan pembengkakan atau pembengkakkan pada saluran udara.
  • Jantung atau obesitas.
  • Sleep apnea ditandai dengan berhentinya pernapasan untuk sementara waktu saat tidur.
  • Tulang rusuk patah
  • Anemia
  • Epiglottitis.
  • Sindrom Guillain-Barre
  • Myasthenia gravis.

Gejala Sesak Napas

gejala sesak napas
Sumber gambar: pexels.com/Eva-Bronzini

Gejala sesak ditandai dengan tubuh tidak dapat bergerak bebas. Selain itu, Anda pun harus menarik napas lebih cepat dan sulit mengambil napas dalam-dalam saat menarik napas. Akibatnya, tubuh terasa tidak mendapatkan banyak udara. 

Gejala sesak napas ditandai dengan nyeri dada, mual bahkan pingsan. Anda mengalami pembengkakan pada kaki, bibir dan kuku, serta batuk dan demam. Suara yang dihasilkan saat Anda menghirup atau menghembuskan napas adalah mengi. 

Anda mungkin juga merasakan sesak dan dada penuh selama lebih dari setengah jam saat bernapas. Penyakit ini dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan tambahan. Anda dapat melakukan CT scan dada, tes spirometri, oksimetri, tes darah atau elektrokardiogram atau (EKG).

Dimana Titik Pijat Refleksi Kaki Untuk Sesak Napas?

titik refleksi sesak nafas di kaki
Sumber gambar: pexels.com/Yan-Krukov

Berbeda dengan jenis pijat lainnya, pijat refleksi kaki merupakan teknik pijat pada tubuh yang memanfaatkan titik-titik tertentu pada area kaki yang dipercaya dapat mewakili kondisi organ dan anggota tubuh.

Menurut pengobatan Tiongkok kuno, pijat refleksi kaki dipercaya memiliki efek tertentu pada kesehatan dengan memanfaatkan peningkatan aliran energi dalam tubuh yang disebut chi, meskipun hal ini tidak dapat dijelaskan dengan fakta ilmiah.

Pijat refleksi memiliki efek pada organ atau bagian tubuh melalui stimulasi sistem saraf. Nah, stimulus ini akan dikirim ke sistem saraf pusat. Pijatan ini akan melancarkan aliran darah, pernafasan, respon imun yang akan mempengaruhi organ-organ dalam tubuh.

Hasilnya, tubuh akan lebih rileks. Sebenarnya pijat refleksi dapat dilakukan di berbagai bagian tubuh, namun manfaat yang paling dirasakan adalah pijat refleksi kaki.

Pemijatan untuk sesak nafas dapat dilakukan secara mandiri atau oleh ahlinya, asalkan titik pijat refleksi tersebut dipijat dengan benar. Poin-poin pijat untuk sesak napas yang dimaksud dapat dilihat di bawah ini:

1. Kaki

Titik pijat refleksi kaki untuk sesak napas terletak di tengah mata luar dengan tulang tempurung lutut. Titik refleksi sesak nafas di kaki lainnya adalah di bagian belakang kaki sejajar dengan telunjuk dan jari kaki tengah.

2. Dada

Sedangkan bagian dada sejajar dengan puting. Ada juga bagian tengah tepat di bawah kerongkongan.

3. Bagian belakang Leher dan Tangan

Bagian belakang leher berada di antara bahu dan leher. Sedangkan titik refleksi sesak nafas di tangan terletak di punggung tangan tepat di tengah antara jari telunjuk dan jari manis. Titik lainnya adalah ibu jari dan daerah margin saraf median atau sejajar dengan ibu jari.

Terapi Pijat Sesak Nafas

pijat sesak nafas
Sumber gambar: pexels.com/RODNAE-Productions

Pijat untuk sesak napas di titik refleksi kaki sebaiknya dilakukan dengan metode ditepuk-tepuk saja selama lima menit. Sementara itu, dada dapat ditekan hingga 30 kali tekanan. Pijat pada bagian belakang leher dilakukan sebanyak 30 kali tekanan.

Bagilah tiga menjadi 10 tekanan pada area tersebut. Pijatan dapat berlangsung selama 2-5 menit pada titik-titik yang disebutkan di atas. pijat 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Setelah itu, lakukan pemijatan sekali sehari sampai benar-benar sembuh. Durasi terapi tergantung pada seberapa parah sesak napas.

Jika anda merasa kurang percaya diri untuk melakukan memijat titik pijat refleksi kaki untuk sesak napas yang sebelumnya dijelaskan, saat ini terdapat banyak jasa pijat panggilan yang dapat memberikan layanan pijat untuk mencegah kambuhnya gejala sesak napas ini. Anda dapat menelusurinya di pencarian internet dengan menyesuaikannya dengan lokasi domisili anda.

Misalnya jika anda berdomisili di balikpapan, anda dapat menelusuri layanan pijat panggilan Balikpapan di pencarian internet anda.

Cara Mengatasi Sesak Napas Dengan Cepat

cara mengatasi sesak napas
Sumber gambar: pexels.com/Monstera

Cara mengatasi sesak nafas bagi setiap orang mungkin tidak sama. Tetapi, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan dengan cepat agar Anda dapat bernapas lega kembali. 

1. Bernapaslah melalui hidung dan mulut

Bernapas melalui mulut adalah cara sederhana dan cepat untuk mengatasi sesak napas selain melakukan pemijatan titik pijat refleksi kaki untuk sesak napas. Menghirup serta menghembuskan napas melalui mulut memungkinkan Anda menghirup lebih banyak udara, membuat setiap embusan napas lebih dalam dan lebih efektif. 

Menghembuskan napas melalui mulut juga dapat membantu melepaskan udara yang terperangkap di paru-paru. Tetapi, meredakan pernapasan dengan cara ini tidak dapat sembarangan.

2. Duduk di kursi

Cara lain untuk mengatasi sesak napas ialah dengan duduk di kursi. Istirahat sambil duduk dapat membantu merilekskan tubuh dan memudahkan pernapasan. Saat dada mulai terasa sesak, segera cari kursi dan duduklah dengan kedua kaki tertanam kuat di lantai. 

Condongkan dada sedikit ke depan lalu letakkan siku di lutut. Anda juga menopang dagu dengan kedua tangan. Jaga agar otot leher, bahu tetap rileks. Lalu tarik napas dalam-dalam melalui hidung, dan hembuskan perlahan.

3. Letakkan kepalamu di atas meja

Jika sesak napas berulang saat Anda duduk di seberang meja, segera baringkan kepala Anda di atasnya sebagai cara untuk mengatasi masalah ini. Posisi duduk ini dianggap lebih nyaman untuk mengatur napas.

4. Berbaring

Banyak orang mengalami sesak napas saat tidur. Selain membuat Anda tidak nyaman, hal ini juga dapat menurunkan kualitas tidur Anda. Jadi saat bangun tidur merasa sesak napas, saat masih di tempat tidur, segera sesuaikan posisi tubuh dengan berbaring telentang sebagai cara mengatasi masalah ini. 

Sangga kepala Anda dengan bantal sehingga kepala lebih tinggi dari jantung Anda. Selipkan guling dan bantal tebal di bawah lutut. Pastikan punggung lurus dan lengan lurus di samping tubuh. Posisi berbaring ini membantu memperlebar saluran udara yang tersumbat, sehingga dapat bernapas lebih mudah.

5. Minum obat

Bagi orang dengan kondisi medis tertentu, minum obat dapat menjadi cara terbaik untuk mengatasi sesak napas. Beberapa pilihan untuk sesak napas termasuk nebulizer, inhaler, bronkodilator, dan obat-obatan oral. 

Tetapi, masing-masing jenis obat akan diberikan tergantung dari penyebab sesak napas yang Anda alami. Jadi, diskusikan dengan dokter untuk mengetahui jenis obat mana yang terbaik untuk kondisi Anda. 

Itulah sedikit pembahasan mengenai titik pijat refleksi kaki untuk sesak napas yang semoga bermanfaat untuk anda yang kerap mengalami kondisi medis ini. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel informatif lainnya seputar pijat dari Neala Massage. Terima kasih telah membaca.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *