titik refleksi sakit perut mencret

9 Titik Refleksi Sakit Perut Mencret, Atasi Diare Mudah!

Dimana saya titik refleksi sakit perut mencret yang dapat dipijat untuk meredakan gejala  diare?. ulasan kami kali ini akan membahas hal tersebut dengan lebih mendalam.

Mencret atau yang biasa dikenal secara umum dengan diare adalah suatu kondisi seseorang yang mengalami sakit perut dan sering buang air besar (BAB) dengan feses yang encer, encer dan cair dibandingkan dengan kondisi normal. Biasanya orang yang terkena diare disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung bakteri, virus dan jenis parasit lainnya. 

Walaupun merupakan jenis penyakit yang umum dan sering diremehkan oleh masyarakat, ternyata diare merupakan penyebab kematian yang umum pada balita dan merupakan pembunuh nomor 3 dengan 2,6 juta orang yang meninggal setiap tahunnya. 

Gejala awal yang umum terjadi pada penderita diare adalah sakit perut, mual dan muntah yang disertai dengan buang air besar yang cair, tidak jarang penderita diare juga merasakan demam dan tubuh menjadi lemas karena kekurangan cairan tubuh. 

Dan disini kami akan membagikan cara mengobati diare dengan metode refleksi yang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi penyakit tersebut. Dengan melakukan pemijatan pada titik refleksi sakit perut mencret yang kami bagikan disini akan membantu anda untuk mempercepat pengobatan mencret yang Anda derita selain penggunaan obat lain seperti oralit atau obat herbal lainnya.

Table of Contents

Dimana Titik Refleksi Sakit Perut Mencret?

titik akupresur mencret
Sumber gambar: pexels.com/Andrea-Piacquadio

Teknik akupresur juga dikenal sebagai metode refleksiologi kuno. Cara ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, pegal dan mencret yang tidak kunjung berhenti. Ada beberapa titik akupresur mencret yang sekiranya dapat dipijat untuk mengatasi gejala periode. Adapun beberapa titik refleksi sakit perut mencret tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat titik reflek lambung pada telapak kaki kanan dan kiri.
  2. Pijat refleksi 12 jari di kaki kanan dan kiri.
  3. Di telapak kaki kanan dan kiri di tengah adalah titik refleksi dari usus besar melintang.
  4. Pada telapak kaki kanan dan kiri sedikit menyamping merupakan titik refleksi dari kolon desendens.
  5. Pada telapak kaki kanan agak ke bawah merupakan titik refleksi dari katup ileo cecal.
  6. Pada titik refleksi telapak kaki kiri, bagian yang sedikit lebih rendah merupakan titik refleksi dubur.
  7. Ada juga titik refleks anal di telapak kaki kiri, sedikit ke bawah.
  8. Di bagian dalam telapak tangan kanan dan kiri di bawah ibu jari terdapat titik refleksi lambung.
  9. Pada jari telunjuk sekitar 2 cm dari ujung terdapat titik refleksi usus besar yang terletak di telapak tangan kanan dan kiri.

Setelah Anda mempelajari masing-masing titik refleksi di atas, kini Anda dapat melakukan pemijatan sendiri pada telapak kaki menggunakan jari tangan atau dengan bantuan kayu yang sudah dibuat runcing ujungnya sebagai media pijat. 

Lakukan pemijatan pada titik refleksi sakit perut mencret di atas selama minimal 2 menit untuk setiap titik. Lakukan terapi pijat awal selama 3 kali sehari sampai diare yang Anda derita benar-benar sembuh. 

Setelah selesai terapi, jangan lupa banyak minum air putih minimal 500 ml untuk orang dewasa. Anda juga dapat menggunakan titik refleksi di atas untuk mengobati diare pada balita dan bayi yang mengalami diare, hanya saja jangan terlalu ditekan dan Anda dapat menggunakan cotton bud untuk memijat titik refleksi pada anak yang mengalami diare atau mencret.

Baca Juga: Pijat Panggilan Bandung Cantik, Dijamin Puas!

Bagaimana Cara Mengatasi Gejala Diare di Rumah?

cara mengatasi diare
Sumber gambar: pexels.com/Andrea-Piacquadio

Selain dengan melakukan pemijatan di titik refleksi sakit perut mencret di atas. Tentunya anda membutuhkan penanganan lebih jauh untuk mengatasi masalah kesehatan ini. 

Anda dapat mencoba melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi gejala diare atau mencret ini.

1. Minum banyak cairan

Banyak yang meremehkan masalah pencernaan yang satu ini. Namun, jika tidak ditangani dengan cepat, diare yang parah dapat menyebabkan dehidrasi yang memperburuk kondisi Anda. Sering minum tidak hanya membantu dehidrasi, tetapi juga mencegah tubuh kehilangan lebih banyak cairan. 

Minum banyak air juga termasuk cara yang baik untuk mengatasi gejala diare itu sendiri. Sumber cairan terbaik saat Anda mengalami diare adalah air. Namun, Anda juga dapat meminum minuman olahraga atau cairan oralit yang dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. 

Cara mengobati diare dengan minum larutan oralit bahkan dikatakan lebih efektif daripada minum air putih saja. Oralit mengandung elektrolit serta mineral yang lebih lengkap. Solusi ini dapat membantu usus menyerap kelebihan cairan dengan lebih efisien sehingga tekstur feses akan lebih padat. 

Cairan elektrolit juga membantu meningkatkan aktivitas saraf otak, kontraksi otot, dan pembentukan jaringan baru di tubuh Anda. Cara mengobati diare yang satu ini menjadi sangat penting, terutama bagi bayi, anak kecil, dan orang tua yang sedang mengalami diare. 

Anak kecil dan orang tua termasuk dalam kelompok umur yang cukup sulit untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya sendiri. Mereka masih membutuhkan bantuan orang tua atau pengasuh untuk melakukannya atau mengingatkan mereka untuk minum.

2. Makan makanan sehat rendah serat

Makanan yang tidak tepat justru membuat usus bekerja lebih keras, sehingga memperburuk gejala diare. Pilih makanan untuk diare yang tinggi karbohidrat tetapi rendah serat. Makanan dengan nutrisi ini mudah dicerna dan diserap oleh lambung. 

Dengan begitu, usus Anda tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mengolah makanan. Pilih juga makanan dengan rasa yang hambar (hambar dan tidak terlalu berbumbu) untuk menekan gejala mual dan muntah yang mungkin sesekali Anda rasakan. 

Cara mengatasi gejala diare melalui pola makan seperti dengan diet BRAT. Diet BRAT dapat membantu menghasilkan tinja yang lebih padat.

3. Mengonsumsi minuman, makanan, atau suplemen probiotik

Mengkonsumsi makanan yang rendah serat merupakan salah satu cara untuk mengobati gejala sekaligus mengobati diare. Namun, ini bukan satu-satunya jenis makanan yang dapat dikonsumsi. Sesekali Anda dapat ngemil makanan yang kaya akan probiotik, seperti yoghurt atau tempe, sebagai cara untuk mengobati diare. 

Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Penambahan probiotik bakteri baik dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif terhadap infeksi penyebab diare.

4. Hindari makanan yang memperparah diare

Cara mengatasi gejala diare agar tidak semakin parah adalah dengan menghindari pantangan makanan tertentu. Makanan yang harus dihindari antara lain makanan yang pedas, berminyak, dan yang mengandung pemanis buatan (permen, minuman kemasan, dll). 

Makanan ini umumnya tidak dicerna dan diserap dengan baik jika Anda mengalami diare. Kopi, minuman ringan, serta susu dan produk olahannya seperti es krim juga perlu dihindari sampai diare sembuh.

5. Minum teh chamomile

Minum teh chamomile dapat menjadi cara alami untuk mengobati diare yang dapat Anda coba di rumah, kata sebuah penelitian dari India. Chamomile dapat membantu mengatasi kembung, sakit perut, dan mual akibat diare. Teh chamomile dipercaya cukup efektif sebagai cara mengatasi gejala diare ringan.

6. Makan dalam porsi kecil

Cara mengatasi diare tidak hanya fokus pada pilihan makanan, tapi juga porsinya. Ketika Anda mengalami diare, jangan makan terlalu banyak. Makan dengan porsi yang cukup atau lebih kecil tetapi sering merupakan cara yang aman untuk mengatasi diare. 

Pasalnya, usus Anda terus dipaksa bekerja ekstra keras saat diare. Jika Anda menambah beban kerja usus dengan segera makan banyak, diare justru akan memakan waktu lebih lama untuk sembuh.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai titik refleksi sakit perut mencret yang dapat dipijat untuk meredakan gejala diare/mencret. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda yang membacanya. Terima kasih.

Sebagai catatan, pijat refleksi sendiri adalah salah satu layanan yang banyak ditawarkan di banyak layanan pijat panggilan 24 jam yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk salah satunya meredakan gejala diare.

Baca Juga: Mengenal Titik Pijat Refleksi Kaki Untuk Sesak Napas

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *